Arsip

Melanie Subono Kampanye Peduli Penyu

20 Juli 2009


Selain sibuk menyanyi, Melanie Subono juga aktif melakoni kegiatan sosial. Salah satunya dengan ikut aktif dalam program pelestarian penyu.

Aksi Melanie melindungi penyu itu pun dibuktikannya dengan mengikuti kampanye pelestarian penyu di Pantai Kuta, Bali. Kampanye yang digelar Kamis (16/7/2009) itu dilakukan dengan membentangkan spanduk sepanjang 100 meter bertulisan 'only one from thousand will survive.'

Melani sangat peduli pada penyu karena menurutnya penyu adalah makhluk laut unik yang mampu menjadi daya tarik bagi pariwisata. "Membunuh penyu akan berdampak negatif bagi pariwisata Bali," ujar pelantun 'Hey Wanita' itu.

Kampanye yang dilakukan tersebut diharapkan Melanie bisa semakin menurunkan perdangan penyu. Berdasarkan data, praktik perdagangan penyu telah mengalami penurunan yang cukup tajam sejak tahun 1999. Penurunannya mencapai 80 persen atau mencapai 27 ribu hingga 30 ribu ekor penyu tiap tahunnya. Puncaknya penjualan penyu menurun mencapai 35 ribu ekor per tahun di tahun 2002.

Ketua Pro Fauna Indonesia Rosek Nur Sahid mengatakan penjualan penyu pada tahun 2008-2009 hanya mencapai 2 ribu ekor. Perdagangan penyu banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan taman wisata penyu (turtle park). Bahkan, perdagangan ini juga berkedok sebagai tempat konservasi. Di tempat wisatwa, jika penyu sudah tua maka akan dijual atau dipotong. Sebagai gantinya akan diambil penyu lagi dari alam.

0 komentar: